PERAN PENGGUNAAN MEDIA BENDA ASLI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEKNOLOGI INFORMATIKA KOMPUTER

Authors

  • Sriyati Sriyati

DOI:

https://doi.org/10.53961/jurnalparadigma.v1i1.14

Abstract

Abstrak Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah sebagian besar siswa Kelas IX semester II SMPN 1 Ngawi Kabupaten Ngawi Tahun 2013/2014 kurang memahami konsep Teknologi Informatika Komputer. Berdasarkan hasil penelitian, pengamatan, diskusi / wawancara dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: nilai aspek kognitif, siklus I ke Siklus II terjadi kenaikan sebesar 1,66 dan dari suklus II ke siklus III terjadi kenaikan sebesar 0,84. Nilai aspek afektif , siklus I ke Siklus II terjadi kenaikan sebesar 0,41 dan dari suklus II ke siklus III terjadi kenaikan sebesar 1,00. Nilai aspek psikomotoris, siklus I ke Siklus II terjadi kenaikan sebesar 0,87 dan dari suklus II ke siklus III terjadi kenaikan sebesar 0,89. Nilai rata-rata, siklus I ke Siklus II terjadi kenaikan sebesar 0,77 dan dari suklus II ke siklus III terjadi kenaikan sebesar 0,96. Dengan faktor penyebab penerapan metoda pembelajaran penggunaan media benda asli keaktifan belajar siswa meningkat berarti Peningkatan Prestasi Belajar Teknologi Informatika Komputer Melalui Penggunaan Media Benda Asli Siswa Kelas IX semester II SMPN 1 Ngawi, hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa dari hasil tindakan siklus I, II dan III.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-12

Issue

Section

Articles