STRATEGI MAHASISWA UNTUK MENGURANGI RASA CEMAS DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS DI KELAS

Strategi Berbicara Bahasa Inggris

Authors

  • Arum Putri Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.53961/jurnalparadigma.v7i1.21

Keywords:

kecemasan diri, kemampuan berbicara bahasa Inggris, penelitian kualitatif

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dimana peneliti bertujuan untuk mengamati dan menginvestigasi alasan-alasan kecemasan berbicara bahasa asing pada Mahasiswa semester 2 Sekolah Tinggi agama Islam Ma’arif Magetan, serta untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan untuk mengatasi kecemasan dalam berbicara bahasa Inggris tersebut. Peneliti mengidentifikasi sebuah masalah penelitian berdasarkan pada kecenderungan-kecenderungan di lapangan atau pada kebutuhan untuk menjelaskan mengapa sesuatu terjadi. Mendeskripsikan sebuah kecenderungan berarti bahwa masalah penelitian dapat dijawab dengan baik oleh sebuah studi di mana peneliti melihat untuk membangun keseluruhan tanggapan dari individu dan untuk memperhatikan bagaimana kecenderungan ini bervariasi antar individu. Instrumen penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Peserta penelitian ini adalah mahasiswa tingkat pertama Prodi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi agama Islam Ma’arif Magetan. Total peserta yang terlibat dalam penelitian ini adalah tiga puluh lima mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa alasan-alasan kecemasan berbicara mahasiswa adalah kurangnya persiapan, kurangnya kosakata dan perhatian dari teman sekelas. Berdasarkan dari alasan-alasan tersebut, para mahasiswa mencoba menerapkan lima strategi untuk mengatasi kecemasan mereka dalam berbicara bahasa Inggris, yaitu strategi persiapan (preparation strategy ), strategi relaksasi (relaxation strategy), strategi berpikir positif (positive thinking strategy ), strategi pencarian rekan (peer seeking strategy), strategi pengunduran diri (resignation strategy), dan komunikasi nonverbal (nonverbal communication). Strategi-strategi tersebut membantu mahasiswa untuk menyampaikan pendapat mereka, dalam diskusi kelompok, dan presentasi individu. Namun, para mahasiswa masih perlu pemdampingan dalam meningkatkan pengucapan mereka, isi pidato mereka, dan struktur kalimat mereka, dan kepercayaan diri mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-01 — Updated on 2020-08-17

Versions

Issue

Section

Articles