Berorganisasi Sebagai Pembelajaran Kemandirian Anak

Pembelajaran Anak

Authors

  • Anam Besari

DOI:

https://doi.org/10.53961/jurnalparadigma.v7i1.22

Keywords:

Berorganisasi, Pembelajaran, anak

Abstract

Sikap dan perilaku anak harus dibina sejak dari usia dini, mulai dari bagai mana mereka bertutur dengan bapak / ibu, dengan saudara, dengan guru demikian pula dengan teman-teman sekolah dan teman bermain. Pembinaan ini secara langsung akan berpengaruh terhadap akhlaq anak terhadap siapapun yang ia pergauli. Biasanya anak akan bersikap sopan, lemah lembut dalam bertutur kata dan berhati-hati terrhadap dalam segala macam keadaan. Mereka cenderung kepada hal-hal yang positif terhadap apapun yang ia lakukan. Demikian pula tentang sikap kemandirian anak juga harus dibina dan ditumbuh kembangkan sejak awal, ini akan menjauhkan anak mempunyai sikap cengeng dan kurang percaya diri, karena kedua sikap tersebut akan mengganggu perkembangan mental mereka yang akan berakibat kepada perkembangan cara pandangan mereka sehingga mereka akan berfikiran sempit dan kurang luas tentang wawasannya. Sikap Kemandirian ini bisa dilatih dengan berbagai macam diantaranya dengan mengikut sertakan anak kepada suatu kegiatan positif diantaranya adalah berorganisasi. berorganisasi sangat membantu terhadap pertumbuhan sikap kemandirian anak karena dalam organisasi secara tidak langsung mendapatkan pembelajaran dalam segala hal. Di dalam berorganisasi mereka akan berinteraksi baik dengan kawan dan bahkan dengan saingan, mereka akan sering berbicara dan mendengarkan pembicaraan orang lain. mereka sering menghadapi permasalahan dan mencarikan solusinya. mereka akan terlatih berfikir cepat akan respon keadaan yang ada disekitarnya, tanpa harus menunggu siapapun. Dengan demikian anak bisa mandiri tegar, serta tegap akan segala permasalahan yang dihadapinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-01

Issue

Section

Articles