ANALISIS MODEL-MODEL PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK USIA ANAK-ANAK, REMAJA DAN DEWASA
Analisis Model Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.53961/jurnalparadigma.v9i01.37Keywords:
karakter, pendidikan, model pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali model-model
pendidikan karakter yang efektif pada usia anak-anak, remaja dan
dewasa. Penelitian menggunakan metode meta analisis. Penelitian
diawali dengan cara merumuskan masalah penelitian, kemudian
dilanjutkan dengan menelusur hasil penelitian yang relevan untuk
dianalis. Sumber data penelitian terdiri dari empat artikel jurnal dan
tiga makalah ilmiah yang telah diseminarkan. Analisis data
dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil analisis
menunjukkan model pendidikan untuk pembentukan karakter pada
usia anak-anak antara lain dilakukan melalui kegiatan bercerita,
bermain peran, dan kantin kejujuran. Model pendidikan untuk
pengembangan karakter pada remaja diintegrasikan dalam
peraturan sekolah, pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.
Model pendidikan untuk pemantapan karakter pada usia dewasa
dilakukan dengan strategi penyadaran dan evaluasi diri melalui
forum seminar, menulis karya ilmiah dan diskusi. Berdasarkan
hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pendidikan karakter
yang efektif dibangun dari iklim sekolah yang kondusif untuk
berkembangnya karakter positif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Paradigma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.