PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN GERIH 5 KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI

Penerapan Metode Demonstrasi

Authors

  • Sumini

DOI:

https://doi.org/10.53961/jurnalparadigma.v9i01.42

Keywords:

ilmu pengetahuan alam, metode demonstrasi

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil pekerjaan dan penciptaan oleh
siswa, diperoleh dengan ketelitian kerja, serta perjuangan yang
membutuhkan pikiran. Dan dalam konteks ini yang dimaksud
adalah prestasi belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Agar
prestasi belajar IPA dapat terus ditingkatkan, perlu adanya
penerapan metode pembelajaran yang efektif. Metode
pembelajaran yang dimaksud adalah metode demonstrasi.
Dengan demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap pelajaran
akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk
pengertian dengan baik dan sempurna sebagai bekal untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan,
menganalisis, dan menjelaskan tentang penerapan metode
demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V
di SD Negeri Gerih 5.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan: Pertama, bahwa prestasi
belajar siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari hasil
siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (53,33%), siklus II
(83,33%), siklus III (90,00%). Kedua, metode demonstrasi dapat
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SD
Negeri Gerih 5.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-13

Issue

Section

Articles