UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN YANG BERKATAKTER PADA SISWA KELAS IIII MELALUI PENERAPAN MODEL PENGAJARAN GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK DI SDN GERIH 5 KECAMATAN GERIH KAB. NGAWI TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Meningkatkan Hasil Belajar PKN
DOI:
https://doi.org/10.53961/jurnalparadigma.v9i01.43Keywords:
PKn, Karakter, metode ceramah, pengajaran autentikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
prestasi belajar dan pengaruh motivasi belajar PKn setelah
diterapkan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap
yaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi.
Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gerih 5 Kec.
Gerih Kab. Ngawi tahun pelajaran 2018-2019 Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan
belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu,
siklus I (64.88%), siklus II (65.36%), siklus III (79.36%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diambil kesimpulan
bahwa metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif
terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas IIII SDN Gerih
5 Kec. Gerih Kab. Ngawi tahun pelajaran 2018-2019 serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative
pembelajaran PPKn yang berkarakter.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Paradigma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.