Author Guidelines

Artikel yang dikirim ke Jurnal Paradigma harus mengikuti ketentuan- ketentuan teknis sebagai berikut:

  1. Artikel merupakan tulisan konsepsional atau hasil penelitian ilmu keislaman dalam ragam lingkup kajian Paradigma, yang meliputi: Pendidikan Islam, Pemikiran Islam, Hukum Islam, Ekonomi Islam, dan Kajian Islamic Studies lain.
  2. Artikel adalah karya autentik dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal berkala lain atau buku bunga rampai.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia baku, menggunakan kaidah tata tulis yang benar dengan spasi 1,5 cm dan kertas A4 disubmit ke Web Jurnal Paradigma. Panjang tulisan adalah 10 - 25 halaman atau 5.000 s.d 9.000 kata. Artikel paling lambat diserahkan dua bulan sebelum jurnal diterbitkan.
  4. Judul ditulis dengan model UPPERCASE KAPITAL TEBAL ukuran 12 pt. Judul harus singkat dan jelas (kurang dari 20 kata).
  5. Menyertakan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam 1 paragraf maksimal 200 kata; pada setiap abstrak disusul dengan kata kunci (keyword).
  6. Nama penulis artikel (tanpa gelar akademik atau jabatan-tebal) dicantukan dengan disertai alamat Afiliasi (nama lembaga tempat bertugas) dan alamat E-mail (miring)
  7. Perujukan dalam artikel menggunakan model in note, middle note ataupun end note dengan memperhatikan kekhasan referensi yang dirujuk, seperti buku, buku terjemahan, buku berjilid/bervolume, buku bunga rampai, artikel dalam bunga rampai, artikel dalam jurnal, artikel dalam ensiklopedia, artikel dalam website (internet), artikel dalam media massa (majalah, surat kabar dan lain-lain),skripsi, tesis, disertasi maupun kitab suci. Adapun penulisan nama penulis buku dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Penulisan nama penulis buku yang disebut dalam naskah artikel adalah last name atau nama Contoh: Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, cukup ditulis Arikunto (…….).
  • Penulisan nama penulis buku yang disebut dalam naskah artikel baik dengan cara in note, middle note ataupun cara end note harus menjadi nama awal dalam daftar pustaka.
  • Apabila nama penulis dalam sumber aslinya ditulis dengan garis penghubung diantara dua nama tersebut, maka keduanya dianggap sebagai kesatuan. Contoh: Sulasikin – Martono.
  • Nama yang dikutip dengan singkatan dianggap bahwa singkatan itu menjadi satu dengan kata yang ada di depannya. Contoh: Dr. H. M. Suparta M.Ag ditulis Suparta H.M
  • Derajat atau gelar kesarjanaan penulis buku tidak boleh dicantumkan baik dalam naskah artikel maupun dalam daftar pustaka. Contoh: Prof. Dr. Mahfud M.D ditulis Mahfud M.D atau Prof. Dr. Made Pidarta cukup ditulis Pidarta, Made.

 

Panduan Translitrasi

b

=

ب

z

=

ز

f

=

ف

 

t

 

=

 

ت

 

s

 

=

 

س

 

q

 

=

 

ق

 

th

 

=

 

ث

 

sh

 

=

 

ش

 

k

 

=

 

ك

 

j

 

=

 

ج

 

s{

 

=

 

ص

 

l

 

=

 

ل

 

h{

 

=

 

ح

 

d{

 

=

 

ض

 

m

 

=

 

م

 

kh

 

=

 

خ

 

t{

 

=

 

ط

 

n

 

=

 

ن

 

d

 

=

 

د

 

z{

 

=

 

ظ

 

h

 

=

 

ه

 

dh

 

=

 

ذ

 

 

=

 

ع

 

w

 

=

 

و

 

r

 

=

 

ر

 

gh

 

=

 

غ

 

y

 

=

 

ي

 

Short:  a = ´  ;  i = ◌  ;     u = ◌

Long:   a< = ا  ;  i> = ي ;     ū = و

Diphthong:   ay  = ي ا  ;     aw = و ا