Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDIT Ulil Albab Parang Magetan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Mandiri Kurikulum di SDIT Ulil Albab, dampaknya terhadap pembelajaran dan permasalahannya dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif pendekatan dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti konsep analisis dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari Kurikulum mandiri di SDIT Ulil Albab dijabarkan menjadi dua program yaitu gaya hidup berkelanjutan dan kewirausahaan. Pelaksanaan dua program tersebut mampu memulihkan kondisi belajar, meningkatkan motivasi dan semangat belajar, mengembangkan kreativitas, penalaran kritis, kemandirian, dan memperkuat semangat gotong royong kerjasama dan menyelaraskan kompetensi siswa. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program adalah keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya kompetensi pendidik dan proses adaptasi guru dan siswa yang ada tidak cukup cepat. Masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan pendalaman kompetensi dan lainnya persiapan yang matang.
Kata Kunci: Implementasi kurikulum merdeka, sekolah dasar.