Analisis Konsep Diri Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Dalam Kesiapan Belajar Menghadapi Jenjang Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa kelas VI sekolah dasar di SDIT Al Ikhlas Mantren, untuk mengetahui kesiapan belajar siswa dalam menghadapi jenjang menengah pertama, untuk mengetahui apakah kosep diri mempengaruhi kesiapan belajar siswa dalam menghadapi jenjang menengah pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan konsep diri yang positif pada siswa kelas VI SDIT Al Ikhlas Mantren terdapat pada beberapa aspek, yakni (1) aspek fisik: penilaian diri yang cukup baik terhadap aspek fisik, hal ini banyak terjadi pada siswa laki-laki dan sebagian siswa perempuan. fasilitas belajar yang dimiliki mencukupi. (2) Aspek sosial: Pola bersosialnya berkelompok-kelompok sesuai kenyamanan masing-masing. (3) Aspek Moral: siswa siswi sudah mulai tertanam nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang positif yang sudah banyak dibiasakan dalam kehidupan sehai-hari disekolah, seperti sikap mandiri, kepribadian islami, peduli pada kelestarian bumi. (4) Aspek psikis: Cukup mengenali potensi diri dan kekurangan diri, sehingga secara sikap dan penilaian diri tidaklah hiperkritis.