A STUDY OF MORAL EDUCATION ACCORDING TO MAHFUDZ 'ALI 'IZAM IN THE BOOK AL-AKHLĀQ FĪ AL-ISLĀM: BAINA NADZRIYYAH WA TATHBĪQ
Abstract
Abstrak
Substansi pendidikan akhlak memegang peranan yang krusial dalam hakikat pendidikan Islam. Hal ini dikarenakan akhlak mampu menciptakan kedamaian, kerukunan dan suatu keadaan yang disebut dengan kedamaian hidup di antara sesama manusia. Artikel ini akan memaparkan analisis pendidikan akhlak menurut Mahfudz ‘Ali ‘Izam dalam kitab Al-Akhlāq Fī Al-Islām: Baina Nadzriyyah Wa Tathbīq. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Pendekatan kualitatif pada umumnya digunakan untuk memahami fenomena secara mendalam, sedangkan penelitian kepustakaan difokuskan pada analisis pustaka yang relevan. Penelitian ini dilakukan dengan mengandalkan sumber primer yaitu kitab Al-Akhlāq Fī Al-Islām: Baina Nadzriyyah Wa Tathbīq karya Mahfudz ‘Ali ‘Izam. dan sumber sekunder yaitu buku-buku yang relevan dengan tema pembahasan dan artikel-artikel yang terkait dengan topik penelitian. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi. Analisis isi atau metode analisis isi penelitian ini telah menetapkan pendidikan akhlak menurut Mahfudz ‘Ali ‘Izam, meliputi (1) Tujuan akhlak (2) Darurat akhlak (3) Keberanian (4) Amanah (5) Jihad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak mempunyai peranan yang sentral sebagai landasan nilai utama dalam kehidupan manusia untuk menuntun manusia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Pentingnya pendidikan akhlak tidak boleh diabaikan, terutama dalam lingkungan pendidikan seperti sekolah, mengingat sosialisasi dan akses informasi di era modern dapat mengancam terjadinya krisis akhlak.
Kata Kunci: Pendidikan, Moral, Krisis Moral, Era Globalisasi
Downloads
References
Adhima, Putri Nur, and Lailatul Rif’ah. “Sikap Optimisme Dalam Perspektif Buya Hamka (Kajian Kitab Tafsir Al-Azhar).” Jurnal Studi Islam Lintas Negara 4, no. 2 (2022): 112–26. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/CBJIS/article/view/1721/1316.
Akilah Mahmud. “Ciri Dan Keistimewaan Akhlak Dalam Islam.” Sulesana Jurnal Wawasan Keislaman 13, no. 1 (2019): 29–40. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24252/sulesana.v13i1.9949.
Alifiyah, Farah Lailatul Nur. “Ekstensi Local Genius Berbasis Diseminasi Pembelajaran Dalam Mengatasi Krisis Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S) 3, no. 1 (2023): 1–7. https://doi.org/10.17977/um063v3i1p1-7.
Amin, Samsul Munir. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah, 2022.
Andika, Titin, Muhammad Taqiyuddin, and Nurma Yunita. “Amanah Dan Khianat Dalam Al-Qur’an Menurut Quraish Shihab.” Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 5, no. 02 (2020): 177–206. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30868/at.v5i02.926.
Aziza, Nur Amalia, and Nur Afiani. “Memaknai Transparansi Internet Financial Reporting Lembaga Amil Zakat Melalui Konsep Amanah Dan Tablig.” Jurnal Akuntansi Dan Governance 3, no. 2 (2023): 87. https://doi.org/10.24853/jago.3.2.87-100.
Budiyanto. “Tawuran Anak Pelajar SD Pecah Masing-Masing Bersenjata Celurit Dan Gir.” Kompas.Com, 2020.
Dahlan, M R, and Mirwan Murad. “Keberanian Mengemukakan Pendapat Dan Pemahaman Siswa” 06, no. 01 (2023): 775–86. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2992/2551.
Dasar, Jurnal Pendidikan, and Kenagarian Malampah Pasaman. “Problematika Pendidikan Akhlak Remaja Pada Lingkungan Keluarga Petani Di Kenagarian Malampah Pasaman” 6 (n.d.): 1091–1102. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i3.
Elawati Dewi1, Devy Habibi Muhammad2, Ari Susandi3. “Peran Pendidikan Akhlak Dalam Penanggulangan Krisis Moralitas Sosial Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 1 (2022): 214–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3525.
Gani, Fthul. “Strategi Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember Dalam Pembinaan Pengamalan Ajaran Agama Islam Untuk Mencetak Akhlakul Karimah Santri Pondok Pesantren.” Universitas islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2021.
Hermawan, Iwan, and Nurwadjah Ahmad. “Konsep Amanah Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 2 (2020): 141–52. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.389.
Ibrahim, Mohd Yusri. “Jihad and Its Implementation in the Contemporary Reality.” International Journal of Humanities, Philosophy and Language 2, no. 8 (2019): 01–14. https://doi.org/10.35631/ijhpl.28001.
Ismunandar, and Hendro Widodo. “Desain Kurikulum Darurat Saat Pandemi Covid-19.” Pendidikan Dan Latihan 6, no. 2 (2022).
Latifah, Agi, Meilida Eka Sari, and Desi Tri Anggereni. “Pembentukan Karakter Anak Pada Perkembangan Sosial Emosional Dengan Menanamkan Keberanian, Kejujuran Dan Kepedulian Di Paud Cerdas Desa s.Kertosari.” Tazkirah 7, no. 1 (2022): 88–96. https://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/tazkiroh/article/view/496.
Majid, Ach Nurholis. “Landasan Filosofis Pendidikan Akhlak Al-Ghazali Dan Ibnu Miskawaih.” Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2022): 1. https://doi.org/10.28944/fakta.v2i1.697.
Mauluddin, Moh. “Ayat-Ayat Jihad Perspektif Tafsir Maqasidiy Ibnu Asyur.” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir 6, no. 1 (2023): 1–19. https://doi.org/10.58518/alfurqon.v6i1.1734.
Mujayyanah, Fauziyah, Benny Prasetiya, and Nur Khosiah. “Konsep Pendidikan Akhlak Luqmanul Hakim ( Kajian Tafsir Al-Misbah Dan Al-Maraghi ).” Jurnal Penelitian IPTEKS 6, no. 1 (2021): 52–61. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5251.
Mustofa, Ali, and Fitria Eka Kurniasari. “Konsep Akhlak Mahmudah Dan Madzmumah Perspektif Hafidz Hasan Al- Mas’Udi Dalam Kitab Taysir Al-Khallaq.” Ilmuna 2, no. 1 (2020): 49–52.
Mz, Syamsul Rizal. “Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 01 (2018): 67. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.212.
Nariswari, Inez Auliana, Tajuddin Nur, and Yayat Herdiana. “Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Al-Fathimiyah Karawang.” Islamika 4, no. 4 (2022): 754–63. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2125.
Patimah, Siti. “SOLUSI AL-QUR’AN DALAM MENGATASI DEGRADASI MORAL REMAJA DI ERA DIGITAL (Studi Analisis Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kisah-Kisah Al-Qur’an).” INSTITUT ILMU AL-QUR’AN (IIQ) JAKARTA, 2021.
Purianto, Riki. “Krisis Akhlak Yang Dialami Pelajar Generasi Z.” Kompas.Com, 2023. https://www.kompasiana.com/rikipurianto2671/649be3ed08a8b547ff066fb2/krisis-akhlak-yang-dialami-pelajar-generasi-z.
Putra, Surya Desismansyah Eka. “Urgensi Pendidikan Dan Ide Keberanian: Book Review ‘Platon: Lakhes (Tentang Keberanian).’” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter 6, no. 1 (2022): 117. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.01.10.
Renaldi, H, and H Hidayati. “Konsep Pendidikan Jihad Dalam Kitab Nashihatul Muslimin Karya Abdus Shamad Al-Palimbani.” Edukasi Islami: Jurnal …, 2022. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1841.
Riami, Riami, Devy Habibi Muhammad, and Ari Susandi. “Penanaman Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih Dalam Kitab Tahdzibul Akhlak.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 12, no. 02 (2021): 10–22. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.549.
Saibani. “Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Maulid Ad- Diba’i Dan Maulid Simtudduror Serta Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Universitas s Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2023.
Setiawan, Pepen Supendi. “Eksistensi Lingkungan Belajar Fil Qur ’ an Wal Hadits” 1, no. 3 (2022): 110–20.
Sulastri, and Ainur Rasyidah. “PENAFSIRAN AMANAH DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR OLEH M . WAHBAH AZ-ZUHAILI ( Study of the Quran Surah Al-Ahzab : 72 , Surah an-Nisa ’: 58 and Surah Al-Anfal : 27 ).” Al-Bayan : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist 3, no. 2 (2020): 212–34. https://doi.org/https://doi.org/10.35132/albayan.v3i2.223.
Sumarno. “Dosen Universitas Muhamadiyah Kotabumi.” Jurnal Elsa 2 (2019): 37–55.
Suriati, Suriati. “Jihad Dan Dakwah.” Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani 5, no. 1 (2019): 35–47. https://doi.org/10.47435/mimbar.v5i1.76.
Triutami, Jayanti. “Kronologi Kasus Viral Bullying Siswa SMP Di Cilacap: Dipicu Masalah Geng, Korban Alami Lebam-Lebam.” Tribunnews.com, 2023. https://www.tribunnews.com/regional/2023/09/28/kronologi-kasus-viral-bullying-siswa-smp-di-cilacap-dipicu-masalah-geng-korban-alami-lebam-lebam.
Tsoraya, Nurul Dwi, Ika Ainun Khasanah, Masduki Asbari, and Agus Purwanto. “Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar Di Lingkungan Masyarakat Era Digital.” Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 01 (2023): 7–12.
Umam, Chotibul. Pendidikan Akhlak Upaya Pembinaan Akhlak Melalui Program Penguatan Kegiatan Keagamaan. Guepedia, 2021.
Yuli A. Rozali. “Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik.” Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 2022.
Yunita, Yenni. Pendidikan Akhlak Bagi Mahasiswa. NTB: Pusat pengembanhgan pendidikan dan peneliti Indonesia, 2023.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.