Integration of Islamic Religious Values ​​in Thematic Learning for Grade V MI/SD Students

  • Neyha Fadlilatul Ainia Universitas Sunan Giri Bojonegoro
  • Fahmi Wafiyudin Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Fitria Nur Cholili Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
Keywords: Nilai-nilai agama, Pembelajaran tematik, Integrasi

Abstract

 

 

Pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai permasalahan, salah satunya rendahnya pemahaman nilai-nilai agama Islam dalam pembelajaran tematik. Metode pembelajaran tematik yang integratif saat ini memberikan kebebasan kepada pendidik untuk mengintegrasikan strategi, media, dan metode pembelajaran. Namun integrasi nilai-nilai agama Islam masih minim, terbukti dari rendahnya pemahaman siswa terhadap nilai agama serta maraknya pelanggaran norma di lingkungan sekolah.  

 

Penelitian ini bertujuan untuk:  

1. Mengidentifikasi nilai-nilai agama Islam yang diterapkan dalam pembelajaran tematik kelas V SD/MI.  

2. Mengkaji metode yang digunakan pendidik dalam membiasakan nilai-nilai agama Islam kepada siswa melalui pembelajaran tematik.  

3. Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan nilai agama Islam melalui pembelajaran tematik.  

 

Penelitian dilakukan dengan metode studi pustaka (library study) menggunakan data dari jurnal, artikel, dan buku terkait, serta pendekatan kualitatif untuk memahami fenomena sosial yang berkaitan dengan pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk membangun wacana keagamaan yang kontekstual sesuai tema dan lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal.
Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1–16.
Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.
Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98.
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar.
Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(1), 177–186.
Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 1(02), 230–240.
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.
Https://Doi.Org/10.7454/Ai.V0i52.3318
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.
Imelda, A. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247.
Irwansyah, M. (2020). Pengaruh Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Terintegrasi Nilai-Nilai Alquran Terhadap Sikap Spiritual Siswa. Pedagogos (Jurnal Pendidikan), 2(1), 1–7.
Jeumpa, N. (2017). Nilai-Nilai Agama Islam. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 4(2), 101–112.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.
Ma’rufah, A. (2020). Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Upaya Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah). Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 125–136.
Mawardi, M., Wardani, N. S., Hardini, A. T. A., & Kristin, F. (2019). Model Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Kontekstual Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Siswa Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 48–61.
Mukhadis, A., & Ulfatin, N. (2016). Prototipe Pembelajaran Terintegrasi Model Shared Berbasis Gallery Project. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Jpp), 21(2), 132–145.
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1).
Nurjanah, F., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Dan Sains Untuk Meningktakan Karakter Religius Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 178–181.
Rachmawati, T. N., & Supardi, Z. I. (2021). Analisis Model Conceptual Change Dengan Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika Dengan Metode Library Research. Pendipa Journal Of Science Education, 5(2), 133–142.
Rahmawati, R., & Sumedi, S. (2020). Pendidikan Nilai Agama Dan Moral Anak Melalui Kegiatan Bermain Sains. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 95–129.
Retnowati, P. (2018). Agama, Konflik Dan Integrasi Sosial Refleksi Kehidupan Beragama Di Indonesia: Belajar Dari Komunitas Situbondo Membangun Integrasi Pasca Konflik. Sangkép: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 1(1), 1–28.
Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohmah, A. N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alpabeta, Bandung. Sukrin, S. (2015). Guru Pendidikan Agama Islam Dan Transformasi Nilai Keislaman Dalam Perubahan
Sosial. Kreatif: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 13(2), 209–220.
Susanti, A. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Pembinaan Akhlak. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 277–298.
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sd Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139–144.
Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik Di Mi/Sd. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107–120.
Published
2025-06-14
How to Cite
Ainia, N., Wafiyudin, F., & Nur Cholili, F. (2025). Integration of Islamic Religious Values ​​in Thematic Learning for Grade V MI/SD Students. AT TANBIH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 47-60. https://doi.org/10.53961/tanbih.v2i1.289