Implementation of School Literacy Movement to Increase Students' Interest in Reading at SMP Negeri 1 Sukomoro, Magetan

  • Andiani Sari Dewi STAI Maarif Magetan
  • Nur Hanifatut Thohiroh STAI Maarif Magetan
  • Eka Ernawati STAI Maarif Magetan

Abstract

Gerakan literasi sekolah (GLS) pada akhir – akhir ini sangat diperlukan disebabkan beberapa faktor yaitu : minimnya jumlah buku yang tersedia di perpustakaan, minat membaca peserta didik yang rendah dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan lierasi sekolah (GLS) merupakan gerakan yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca siswa. Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah ini telah dilaksanakan di semua jenjang pendidikan di seluruh Indonesia. Terdapat
beberapa tujuan diadakannya gerakan loterasi sekolah (GLS) yaitu menumbuhkan budi pekerti, budaya membaca dan menulis pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Safitri, Siska. “Wawancara” SMPN 1 Sukomoro Magetan.
Rahmawati, Yulia. “Wawancara” SMPN 1 Sukomoro Magetan
Nurhasanah, Siti. “Wawancara” SMPN 1 Sukomoro Magetan.
Antoro, Billy. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar : Sebuah Refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
Dwi Aryani, Wahyuni, and Heru Purnomo. “Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 2 (2023): 71–82.
Hardiyanti, Wahyu Mardaning, and Atiqa Sabardila. “PENERAPAN JURNAL PEMBIASAAN LITERASI MEMBACA DI SMP NEGERI 1 MOJOGEDANG,” n.d.
Ilmi, Nurul, Neneng Sri Wulan, and D Wahyudin. “Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 5 (July 24, 2021): 2866–73. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990.
Karimah, Aulia, Nasywa Alfatikarahma, and Afif Fauziah. “Studi Literatur: Peran Penting Literasi Membaca Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5, no. 1 (January 23, 2024): 623–34. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.670.
Nurul, Bagus, Iman Program, Studi Pendidikan, and Guru Sekolah. “BUDAYA LITERASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN,” n.d.
Pristiawati, Eva Abripda. “Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian.” Jurnal Review Pendidikan Dasar 9, no. 1 (2023). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.
Ramandanu, Febriana. “GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) MELALUI PEMANFAATAN SUDUT BACA KELAS SEBAGAI SARANA ALTERNATIF PENUMBUHAN MINAT BACA SISWA.” Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 24, 2019.
Sandi Wisuda Lubis Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-raniry Banda Aceh, Silvia. “MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MEMBACA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA JURNAL BACA HARIAN,” n.d. http://print.kompas.com/baca/opini/jajak-pendapat/2015/10/27/Membaca-Jadi-Jendela-Dunia.
Sukma, Hanum Hanifa. “STRATEGI KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal VARIDIKA 33, no. 1 (July 30, 2021): 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200.
Wandasari Kepala SMK Negeri, Yulisa, and Tanah Abang. “IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER.” Vol. 1, 2017.
Published
2025-06-14
How to Cite
Dewi, A., Thohiroh, N., & Ernawati, E. (2025). Implementation of School Literacy Movement to Increase Students’ Interest in Reading at SMP Negeri 1 Sukomoro, Magetan. AT TANBIH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 80-89. https://doi.org/10.53961/tanbih.v2i1.300