Strengthening the Existence of Kindergarten Institutions Through Achievement in the Arts: Descriptive Study of Schools
Abstract
Prestasi anak disuatu lembaga dapat diperoleh salah satunya dalam bidang seni. Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu lembaga yang menjadi pilihan masyarakat terutama terkait prestasi anak didinya. Peenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi lemabaga melalui prestasi dalam bidang seni. Penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan melakukan kegiatan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru ekstrakulikulerorang serta orang tua, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi model interaktif yang menggabungkan reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Sampel penelitian ini adalah kepala sekolah, 1 guru pendamping kegiatan seni, dan 5 orang tua. Sedangkan subjek yang diobservasi yaitu 54 anak di TK Retnoningrum yang sedang melakukan latihan untuk lomba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga ini aktif dalam berbagai kegiatan seni, seperti lomba drumband, melukis, menari, paduan suara, dan angklung. Partisipasi dalam kegiatan ini telah memperkuat eksistensi TK tersebut, dengan prestasi seni anak-anak menjadi salah satu indikatornya. Prestasi ini tidak hanya meningkatkan reputasi lembaga, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi siswa dalam mengembangkan bakat dan keterampilan mereka di bidang seni. Kesimpulannya, prestasi seni menjadi bagian integral dari eksistensi dan kemajuan sebuah lembaga pendidikan seperti TK.
Kata kunci: eksistensi lembaga, prestasi, seni
Downloads
References
JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 29–34. https://doi.org/10.21009/jiv.1001.4
Aristi, N. (2020). Upaya Eksistensi Pariwisata Daerah melalui Pelatihan Penyelenggaraan Pentas Seni Sekolah di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1).
https://doi.org/10.30653/002.202051.258
Bakir, C. (2022). Why Do Comparative Public Policy and Political Economy Scholars Need an Analytic Eclectic View of Structure, Institution and Agency? Journal of Comparative Policy Analysis: Research and Practice, 24(5).
https://doi.org/10.1080/13876988.2021.19
Bhardwaj, A., & Kumar, V. (2022). Web and Social Media Approach to Marketing of Engineering Courses in India. International Journal of Business Innovation and Research, 27(4). https://doi.org/10.1504/IJBIR.2022.122509
Gunada, I. W. A. (2022a). Konsep, Fungsi dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383
Güneş, B., & Yılmaz, E. (2019). The effect of tactical games approach in basketball teaching on cognitive, affective and psychomotor achievement levels of high school students. Egitim ve Bilim, 44(200). https://doi.org/10.15390/EB.2019.8163
Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman KanakKanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521
Inayah, Y., & Sya, M. F. (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 339-345.
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7822
Indriyanti, P., & Sari, D. I. P. (2021). Eksplorasi Karya Seni RUpa 3 Dimensi Berbasis Lingkungan pada Mata Kuliah Seni RUpa dan Kerajinan di PGSD UST Yogyakarta. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2).
https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11404
Copyright (c) 2024 Sri Maharini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.