The Influence Of Bullying On Mental Health And Self-Confidence Of Students At Madrasah Ibtidaiyah Muawanul Islam Uteran
Abstract
Abstract
Parents concerns about bullying behavior in the school environment certainly cannot be underestimated, for this reason it is necessary to conduct research related to the phenomenon of bullying among Madrasah Ibtidaiyah Mawanul Islam Uteran students, to determine whether there is bullying and its impact on students' mental health and self-confidence. This study uses a type of quantitative research with the help of the SmartPLS tool. So as to obtain the following research results, the act of bullying has a significant influence on the mental health and self-confidence variables of students at Madrasah Ibtidaiyah Mawanul Islam Uteran. The high t-statistic value (mental health: 30.900, self-confidence: 43.426) and low p-value (mental health: 0.000, self-confidence: 0.000) indicate that the act of bullying meets the necessary statistical requirements. The results of the inner model test also showed high R-Square values (mental health: 0.803, self-confidence: 0.860), indicating a significant and high influence of bullying actions on both variables.
Keywords: Bullying, Mental Health, and Self-Confidence
AbstrakKekhawatiran orang tua terhadap perilaku bullying di lingkungan sekolah tentunya tidak dapat dipandang sebelah mata, untuk itu perlu dilakukan penelitian terkait fenomena bullying di kalangan siswa Madrasah Ibtidaiyah Mawanul Islam Uteran, untuk mengetahui ada tidaknya tindakan bullying serta dampaknya terhadap kesehatan mental dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan dibantu dengan perangkat SmartPLS. Sehingga memperoleh hasil penelitian sebagai berikut, tindakan bullying memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kesehatan mental dan kepercayaan diri peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Mawanul Islam Uteran. Nilai t-statistic yang tinggi (kesehatan mental: 30,900, kepercayaan diri: 43,426) dan nilai p-value yang rendah (kesehatan mental: 0,000, kepercayaan diri: 0,000) menunjukkan bahwa tindakan bullying memenuhi syarat statistik yang diperlukan. Hasil uji inner model juga menunjukkan nilai R-Square yang tinggi (kesehatan mental: 0,803, kepercayaan diri: 0,860), mengindikasikan pengaruh tindakan bullying yang signifikan dan tinggi terhadap kedua variabel tersebut.
Kata Kunci: Bullying, Kesehatan Mental, dan Kepercayaan Diri
Downloads
References
Bantara, Bagas. Rahasia Meningkatkan Kepercayaan Diri: Menggunakan Teknik Hipnosis Untuk Mencapai Kemerdepan Dan Kepercayaan Diri Yang Kuat, 2023.
Hamid, Rahmad Solling, and Suhardi M . Anwar. Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar Dan Aplikasi Dengan Program Smartpls 3.2.8 Dalam Riset Bisnis. Вестник Росздравнадзора. Vol. 4. Jakarta: PT Inkubator Penulis Indonesia, 2019.
Jelita, Nabilla Suci Darma, Iin Purnamasari, and Moh. Aniq Khairul Basyar. “Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 11, no. 2 (2021): 232–40. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5530.
Komala Sari, Siti. “Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Mts Esa Nusa Islamic School Binong - Tangerang.” JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam 1, no. 2 (2021): 328–38. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.120.
Latipun. Kesehatan Mental. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.
Santoso, Imam, and Harries Madiistriyatno. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Indigo Media, 2021.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitattif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta, 2022.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Siahaan, A. I. S., & Brahmana, K. M. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Motivasi Belajar Siswa XI SMA Swasta di Kota Medan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 90–103.
Silaban, I. S., Pasaribu, E., & Sirait, J. (2023). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas IV SD Swasta HKBP Tomuan Pematang Siantar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 372–381. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.3053
Dewi, R. P., & Wiyono, B. D. (2018). Konseling Kelompok Teknik Bibliokonseling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto. Jurnal BK Unesa, 9(1).
Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandu Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 64–68.
Akbar, M. A., Khairunnisa, K., Pepayosa, E., Sari, M. T., & Wahyuni, A. (2024). Kajian Literature: Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 76–81. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1868
Hasanah, M., & Nursalim, M. (2023). Pengaruh Bullying Terhadap Percaya Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di UPT SMP Negeri 14 Gresik. Jurnal BK Unesa, 13(5).
Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandu Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 64–68.
Kajian Literature: Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 76–81. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1868
Fariz, I. F. , Darmayanti, A. , & Atikah, C. (2023). Kajian Literature: Pengaruh Bullying terhadap Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education Research, 4(4), 1702–1707.
Copyright (c) 2024 Bahezta Zahra, Retno Widyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.