Problem Based Learning (PBL) Bahtsul Masa'il as a Contextual Fiqh Learning Method

  • Muhammad Luthvi Al Hasyimi STAI Ma'arif Magetan
Keywords: Problem based learning (PBL), Bahtsul Masail, Fiqh

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menunjukan bahwa metode bahtsul masail masih sangat relevan digunakan di era modern karena dalam praktiknya tidak tertinggal dan memiliki kesamaan dengan metode problem based learning. Praktik bahtsul masail di pesantren sudah baik. Metode yang digunakan dalam forum tersebut pada dasarnya memiliki banyak kesamaan dengan metode pemecahan masalah, meskipun terdapat sedikit perbedaan dalam konsep pemecahan masalah. Dalam pemecahan masalah, siswa harus memecahkan masalah dengan menggunakan konsep mereka sendiri yang diperoleh dari pengalaman belajar sebelumnya. Sedangkan dalam bahtsul masail santri memecahkan masalah dengan menggunakan konsep-konsep yang dijelaskan oleh fuqoha' (ahli fikih) dan ushuliyin (ahli ushul fikih) dalam bentuk metode qiyas, ilhaq dll.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-24
How to Cite
Al Hasyimi, M. L. (2023). Problem Based Learning (PBL) Bahtsul Masa’il as a Contextual Fiqh Learning Method. Jurnal Paradigma, 15(1), 1-11. https://doi.org/10.53961/paradigma.v15i01.1
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)