ARAH MASA DEPAN PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA DI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Era Society 5.0 menghadirkan tantangan bagi seluruh sector kehidupan masyarakat termasuk sector pendidikan Islam, sehingga diperlukan kajian mendalam terkait pendidikan Islam di era 5.0. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah masa depan Pendidikan Islam di era 5.0. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan. Penulis tidak melakukan kerja lapangan dalam mencari sumber data, melainkan hanya mengandalkan sumber tekstual. Teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan jenis penelitian yaitu dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dikaji dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan Pendidikan Islam menitikberatkan pada actor yaitu guru dan pengambil kebijakan dengan memfasilitasi proses pembelajaran yang menyenangkan dan memperhatikan kesejahteraan siswa, penanaman dan penguatan karakter Islami, serta menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi di masa mendatang, khususnya di era Society 5.0 dan mewujudkan pembelajaran yang mandiri. Maka dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Islam dapat memberikan sumbangan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan berbagai keterampilan yang relevan dengan kebutuhan zaman apabila Pendidikan Islam mampu beradaptasi dengan perubahan dan tidak kehilangan hakikatnya.
Downloads
References
Alrasyid, Harun. “Kajian Historis Perkembangan Islanm Di Indonesia Pada Masa Perang Kemerdekaan.” Dewaruci; Jurnal Sejarah Dan Pengajarannya 1, no. 1 (2022).
Aminn, M. “Pendidikan Islam Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang.” Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 10, no. 2 (2019): 1–11.
Bagherzadeh, Zohreh, Farideh Hamidi, and Sobhan Gafarzadeh. “The Role of Islamic Education in Mental Health.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 5 (2020). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.402.
Bahri, Syamsul. “Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0.” Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 6, no. 2 (2022): 133–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i2.1592.
Faizah, Nadjematul. “Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022): 1287–95. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2427.
Fatoni, Mahfud Heru, Baron Santoso, Hamid Syarifuddin, and Slamet Budiyono. “Analisis Peran Metaverse Sebagai Media Pendidikan Islam Di Masa Depan.” Bustanul Ulum Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2024): 99–111. https://doi.org/10.62448/bujie.v2i1.75.
———. “Metaverse: Improving the Quality of Indonesian Education in the Era of Society 5.0.” MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research 1, no. 3 (2024): 459–68. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1626.
Hanafie, Wardah St, Muhammad Siri Dangga, and Jabal Rohmah. “Problems of Educators and Students in Learning Islamic Religious Education at Mts Pondok Darren Modern Darul Falah, Enrekang District.” Al-Ulum Journal 10, no. 2 (2019): 22–33. https://doi.org/10.30603/au.v19i2.848.
Harahap, Efridawati. “Peran Lingkungan Sosial Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Belajar Peserta Dididk Di MIN 2 Padangsidimpuan.” Dirasatul Ibtidaiyah 3, no. 1 (2023): 39–48. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v3i1.8404.
Hashim, Ibrahim, and Misnan Jemali. “Key Aspects of Current Educational Reforms in Islamic Educational Schools.” GJAT 7, no. 1 (2019): 50. https://doi.org/10.7187/gjat12620170701.
Hidayat, Syarif. “Al-Qur’an Dan Tantangan Society 5.0.” Saliha 5, no. 1 (2020): 1–24. https://doi.org/10.54396/saliha.v3i2.77.
Ichsan, Yazida. “Implikasi Pendidikan Islam Di Indonesia Pada Zaman Orde Lama, Baru, Dan Reformasi.” Tarbawy 8, no. 2 (2021): 8–15. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i2.1753.
Indra, Hasbi. “Challenges and Response in Islamic Education Perspective in the Digital Media Era.” Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education 5, no. 1 (2020). https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v5i1.31-42.
Indy, Ryan, Fonny J. Waani, and N. Kandongwangko. “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosisal Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.” Holistik: Journal of Social and Culture 12, no. 4 (2019).
Iryani, Eva, and Muhammad Sobri. “Autonomous Learning: Manifestasi Merdeka Belajar Bahasa Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab.” Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 3 (2020): 407–37. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.8392.
Ismail, Hapzi ALi, and Kasful Anwar Us. “Factors Affecting Critical and Holistic Thinking in Islamic Education in Indonesia: Self-Concept, System, Tradition, Culture. (Literature Review of Islamic Education Management).” Dinasti International Journal of Management Science 3, no. 3 (2022): 407–37. https://doi.org/10.31933/dijms.v3i3.1088.
Jamilah, Sitti. “Moderate Islamic Education to Enhace Nationalism among Indonesian Islamic Student Organizations in the Era of Society 5.0.” Journal of Social Studies 12, no. 2 (2021): 79–100.
Khatijatusshalihah, and Rahma Syahira. “The Effect Of Internet On Youth: What We Know, What We Do Not Know And What We Need to Know.” In Proceedings of the International Conference on the Roles of Parents in Shaping Children’s Characters (ICECED), 2019.
Konu, Anne, and Matti Rimpela. “Well-Being in Shools: A Conceptual Model.” Healt Promotion International 17, no. 1 (2022): 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79.
Larcombe, Wendy, Chi Baik, and Broker Abi. “How Universities Can Enhance Student Mental Wellbeing: The Student Perspective.” Higher Education Research and Development 38, no. 4 (2019): 674–87. https://doi.org/10.1080/07294360.2019.1576596.
Mahmudi. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam: Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2019): 89–105. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105.
Mansir, Firman. “Problems of Islamic Religious Education in the Digital Era.” At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education 17, no. 2 (2022): 284–91. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v17i2.8405.
McCallum, Faye, and Deborah Price. “Well Teachers, Well Students.” Journal of Student Wellbeing 4, no. 1 (2020): 19–34. https://doi.org/10.21913/JSW.v4i1.599.
Oktaviana, Dina, Ahmad Barizi, and Mohamad Zubad Nurul Yaqin. “The Challenges of The Society 5.0 Era: The Evaluation of Learning in Primary Education.” Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 12, no. 1 (2022): 10–17. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v12i1.5831.
Osiesi, Mensah Prince. “Educational Evaluation: Functions, Essence and Applications in Primary Schools’ Teaching and Learning.” Society & Sustainability 2, no. 2 (2020): 1–9. https://doi.org/10.38157/society_sustainability.v2i2.134.
Prapbowati, Dwi Setiyo. “Pembelajaran Autonomous Learning Dengan Duolingo Memupuk Minat Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Malang.” Cerdik: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 2 (2022): 56–65. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2022.001.02.05.
Putra, Pristian Hadi. “Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0.” Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19, no. 2 (2019): 99–110. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458.
Rahman, Abd. Rasyid. “Perkembangan Islam Di Indonesia Masa Kemerdekaan (Suatu Kajian Historis).” Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya 12, no. 2 (2019).
Saputra, Fedry. “Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Al-Hikmah 3, no. 1 (2021): 98–108. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1137.
Sari, Ana Kurnia, and Muhammad Sirozi. “Politik Pendidikan Islam Indonesia Masa Reformasi (1998-Sekarang).” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2023): 20–37. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v10i1.3449.
Somad, Momod Abdul. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13, no. 2 (2021): 171–86. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.
Suhadak. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era Society 5.0.” Proceeding International Seminar On Islamic Education and Peace 1 (2021).
Suherman, Musnaini, and Hadion Wijoyo. Industry 4.0 vs Society 5.0. Banyumas: Pena Persada, 2020.
Suhid, Asmawati, Mohd Yusri Mohd Naser, Abd. Muhsin Ahmad, Noreha Che Abah, Rosnani Jusoh, and Zeinab Zaremohz Zabieh. “Challenges and Readiness of Islamic Education Teachers in Innovative Teaching and Learning.” Jurnal Ilmiah Peuradeun 9, no. 2 (2021): 293–308. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.588.
Tay, Louis. “Building Community Well-Being in Higher Education: An Introduction to the Special Issue.” International Journal of Community Well-Being 4, no. 4 (2021): 461–66. https://doi.org/10.1007/s42413-021-00144-4.
Thursina, Fazrian. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Siswa Pada Salah Satu SMAN Di Kota Bandung.” Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science 1, no. 1 (2023): 19–30.
Trisusanti, Risma. “Perkembangan Dan Tantangan Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia Era Pandemi COVID-19.” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2021).
Usmaedi. “Education Curruculum for Society in the Next Decade.” Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi 4, no. 2 (2021): 63–79.
Uyuni, Badrah, and Mohammad Adnan. “The Challenge of Islamic Education in 21st Century.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i 7, no. 5 (2020). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i12.18291.
Wahid, Lalu Abdurrahman, and Tasman Hamami. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dan Strategi Pengembangannya Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222.
Zhuby, Nawal El, Sutarman, Rani Salwa Us Syifa, and Miftahul Jannah. “Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan AL-Muaddib 4, no. 2 (2022). https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.384.
Zidah, Afiani Arofatul, Krisna Ridha Pratama, and Yohanes Purwanto. “Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam Era Reformasi Di Indonesia.” HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah 9, no. 1 (2021): 97–87. https://doi.org/10.24127/hj.v9i1.2528.
Zuhairini. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Copyright (c) 2024 Mahfud Heru Fatoni, Sukari Sukari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.