KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL ABA’ LIL ABNAA’
Konsep Pendidikan Akhlak dalam Washoya
DOI:
https://doi.org/10.53961/jurnalparadigma.v8i1.23Abstract
Pembahasan mengenai tindakan-tindakan asusila di kalangan pelajar, hal ini menunjukkan kegagalan dari pendidikan. Saat yang sama, suatu Negara belum melakukan revolusi ilmu pengetahuan sehingga merebaknya penyimpangan-penyimpangan moral dan kriminalitas. Tindakan cepat tanggap dengan melakukan aktivitas pengajaran dan pendidikan secara maksimal, maka bangsa akan lebih baik dan maju dari segi moral. Metode kajian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Tujuan kajian ini mengulas bagaimana etika pendidkan akhlak dalam kitab Wasoya. yang mana dapat menjadi suatu landasan maupun sebagai suatu pedoman untuk guru dan murid serta dapat diterapkan dalam dunia pendidikan. Hasil kajian ini adalah etika pendidikan akhlak dalam syarah wasoya al Aba’lil Abna Menyangkut Akhlak kepada Allah dan Manusia serta di jelaskan yang termasuk dari akhlak terpuji dan tercela