The Ability of Social Studies Teachers in Developing Learning Tools at Public Middle Schools in Madiun City
Abstract
Penelitian ini meneliti kompetensi guru IPS dalam mengembangkan perangkat pembelajaran di SMP Negeri Kota Madiun. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan di 14 SMP Negeri Kota Madiun selama tahun pelajaran 2024/2025. Fokus penelitian pada tiga aspek utama: kemampuan mengembangkan modul ajar, materi ajar, dan merancang asesmen sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan guru IPS memiliki kemampuan cukup baik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Dalam aspek modul ajar, guru telah mengembangkan modul berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dengan pendekatan yang berfokus pada minat dan bakat siswa. Terkait materi ajar, guru mengembangkan materi kontekstual yang memuat masalah sosial di lingkungan siswa, dengan strategi dan metode pembelajaran yang beragam. Pada aspek asesmen, guru telah menerapkan asesmen formatif dan sumatif, serta melakukan evaluasi secara berkesinambungan dan komprehensif. Tantangan utama meliputi kesulitan dalam menyusun tujuan pembelajaran yang terukur, mengembangkan materi kontekstual, dan merancang penilaian komprehensif. Faktor pendukung keberhasilan adalah kreativitas guru, motivasi siswa, dan dukungan sekolah, sedangkan penghambatnya meliputi kurangnya pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, terbatasnya pelatihan, dan fasilitas pendukung yang minim.
Downloads
References
Ariyanti, Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Abad Ke- 21 : Studi Kritis Pedagogik Futuristik. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 389–395.
Azis, A. (2021). Evaluasi Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Atas. Inovasi Kurikulum, 6(2), 41–53. https://doi.org/10.17509/JIK.V6I2.35699
Darajah, Y. R. (2014). Hubungan Kompetensi Guru Dan Perangkat Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri Di Kota Bojonegoro. Swara Bhumi, 2(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/7480
Fahik, Y. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Melalui In House Training(IHT) Dengan Metode Pendampingan Teman Sejawat Di SMK Negeri Nibaaf. Almufi Jurnal Pendidikan (AJP), 02(02). https://www.almufi.com/index.php/AJP/article/view/118/67
Feny Rita Fiantika Mohammad Wasil Sri Jumiyati Leli Honesti Sri Wahyuni, Jonata, E. M., Hasanah, I. M. N., Maharani, A., Nuryami, K. A. R. N., & Lukman. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Gerry, E., & Lewu, Y. (2025). IMPLEMENTASI MODEL SIDANG PARLEMEN SEBAGAI ASESMEN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS 9 SMP. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(4), 3031–5220. https://doi.org/10.62281/3VQ28X81
Hasim, J. (2018). ANALISIS KESULITAN GURU IPS DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI KECAMATAN IBU. Jurnal GeoCivic, 1(1). https://doi.org/10.33387/GEOCIVIC.V1I1.856
Hikmah, D. N., & Azmah, N. (2025). Analisis Perbandingan Modul Ajar Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Dalam Kurikulum Merdeka. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 88–94. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.494
Ittihad, N., Hamzah, R. A., Sagita, R. R., & Islamiyah, M. (2025). Komponen Modul Ajar Dalam Kurikulum Merdeka Khusus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Biduk : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 02(02), 186–200. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/biduk.v2iNo.%202.1055
Khairunisa, W., Oktoferin Sinaga, C., Nila, E., Situmeang, S., Silaban, E., Khoiri, F., Nalsalisa, M., Barus, B., Andari, S., & Simanullang, A. A. (2025). Kendala Guru dalam Pengembangan Materi IPS Terpadu dan Upaya Mengatasinya di MTS Islamiyah Medan. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 01–11. https://doi.org/10.55606/LENCANA.V3I1.4400
Linda, L. (2025). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif VBA Untuk Kompetensi Guru Sebagai Rekonsiliasi Edukatif Dan Mathematical Entrepreneurship. ABJIS: Al-Bahjah Journal of Islamic Community Service, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.61553/ABJIS.V2I1.155
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Marhayani, D. A. (2017). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 67–75. https://doi.org/10.33603/EJPE.V5I2.261
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. In Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaaan Universitas Negeri Malang 2020 (Vol. 53, Issue 9). Prodi Pendidikan Olahraga Fakultas Keolahragaan UIN Malang.
Naha Saputri í, M., Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2025). PERENCANAAN MODUL PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 10(1). https://doi.org/10.31932/JPE.V10I1.4389
Siregar, J., & Tjitrosumarto, S. (2025). Kompetensi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 0(0), 187–194. https://doi.org/10.30998/KIBAR.28-10-2024.8023
Subandi, A. R., Izza, A., Putri, A., Sanusi, H. A., Kusumaningrum, H., Tarbiyah, F. I., & Keguruan, D. (2025). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru dan Staf dalam Manajemen SDM Pendidikan. Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 106–122. https://doi.org/10.62383/EDUKASI.V2I1.956
Suryanti, S., Damayanti, N. W., & Yanti, L. P. (2025). PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN YANG MENGUATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 2020–2029. https://doi.org/10.31764/JMM.V9I2.30026
Syukur, S. (2020). Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran IPS Berbasis Karakter di SMP Darus Salam Bukek Tlanakan Pamekasan. IAIN Madura.
Tawil, M., & Tampa, A. (2025). Pelatihan Pembuatan Asesmen Kinerja Praktikum IPA Berbasis Higher-Order Thinking Skill Bagi Guru Ipa Di SMP Terbuka Di Makassar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 123–133. https://doi.org/10.59395/ALTIFANI.V5I2.648
Tryanasari, D., Mursidik, E. M., & Riyanto, E. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MADIUN. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 03(02). https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/273/246
Voni, C., Sinaga, R., Sijabat, A., Veby, M., & Munthe, R. (2025). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SD N.091483 Jorlang Hataran Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 377–382. https://doi.org/10.31949/JB.V6I1.11795
Wijayanti, S., & Sungkono, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran mengacu Model Creative Problem Solving berbasis Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 101–110. https://doi.org/10.24042/AJPM.V8I2.9656
Copyright (c) 2025 Moch Agus Setiono, Mohammad Hanif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


4.png)
4.jpg)

.png)







